Rabu, 07 Maret 2012

Petunjuk Tagihan KKKS Program BERMUTU 2012


Tagihan 1
PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN SILABUS
 (TAGIHAN INDIVIDUAL WAJIB)

PENJELASAN
1.     Pengembangan Kurikulum dan Silabus merupakan tugas individual wajib bagi kepala sekolah anggota kelompok kerja. Kepala sekolah menelaah silabus yang telah dibuat oleh tiga orang guru dari jenjang, kelas dan mapel yang berbeda di sekolahnya dengan ketentuan:
-            Dua orang guru dari KKG/MGMP penerima DBL;
-            Satu orang guru dari KKG/MGMP yang tidak menerima DBL.
2.     Silabus yang harus dilaporkan adalah untuk standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan ketentuan:
a.      Untuk Guru Kelas:
1)        Satu tahun ajaran
2)        Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
3)        Salah satu tingkat dari sejumlah tingkat yang menjadi tanggung jawabnya.
b.     Untuk Guru Bidang Studi:
1)        Satu tahun ajaran
2)        Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
3)        Salah satu tingkat yang menjadi tugas mengajarnya
4)        Salah satu mata pelajaran yang diajarkannya
3.     Silabus yang dilaporkan disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) atau yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten / Kota anda. 
FORMAT SILABUS 
Nama Sekolah          :     ………………………………………………
Mata Pelajaran          :     ………………………………………………
Kelas / Semester       :     ………………………………………………
Standar Kompetensi   :     ………………………………………………
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok /  Pembelajaran
Tempat Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar



























































































































Tagihan 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 (TAGIHAN WAJIB INDIVIDUAL)
PENJELASAN
1.     RPP merupakan tugas individual wajib bagi kepala sekolah anggota kelompok kerja. Kepala sekolah menelaah RPP yang telah dibuat oleh tiga orang guru dari jenjang, kelas dan mapel yang berbeda di sekolahnya dengan ketentuan:
-            Dua orang guru dari KKG/MGMP penerima DBL;
-            Satu orang guru dari KKG/MGMP yang tidak menerima DBL.
2.     RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang harus dilaporkan adalah:
a.      Untuk Guru Kelas:
1)     Satu tahun ajaran;
2)     Tiga kelas yang berbeda.

b.     Untuk Guru Bidang Studi:
1)        Satu tahun ajaran;
2)        Tiga kelas yang berbeda;
3)        Tiga mata pelajaran yang berbeda.
3.     RPP disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) atau yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten / Kota anda.

Tagihan 3
JURNAL BELAJAR
 ( TAGIHAN  INDIVIDUAL  WAJIB )

PENJELASAN
1.     Jurnal Belajar merupakan tugas wajib individual, artinya semua kepala sekolah yang mengikuti kegiatan di KKKS / MKKS harus menyusunnya.
2.     Jurnal Belajar berisi catatan tentang berbagai kegiatan belajar di kelompok kerja yang dilakukan oleh setiap kepala sekolah anggota kelompok kerja.
3.     Jurnal Belajar yang harus dibuat oleh masing-masing anggota Pokja minimal 17 (tujuh belas), satu untuk in service dan 16 (enam belas) untuk on service.
4.     Jurnal belajar yang dilaporkan disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Pengelola Program BERMUTU sebagaimana dapat dilihat dalam halaman berikut:

Format Jurnal Belajar
No
Pertemuan Program BERMUTU
Keterangan/Diskripsi

Pertemuan : (………………..)
Topik        :
1.
Pengalaman berharga
.................................................................................................
.................................................................................................
2.
Rencana diseminasi
.................................................................................................
.................................................................................................
3.
Permasalahan
.................................................................................................
.................................................................................................
4.
Solusi permasalahan
.................................................................................................
.................................................................................................
Petunjuk Pengisian Format Jurnal Belajar untuk Pertemuan In Service
No
Pertemuan Program BERMUTU
Keterangan/Diskripsi

Pertemuan: In-service
Topik        :
1.
Pengalaman berharga
Deskripsikan pengalaman berharga yang anda peroleh dari kegiatan tersebut.
2.
Rencana implementasi
Deskripsikan rencana anda untuk mengimplementasikan pengalaman berharga dari kegiatan tersebut di sekolah tempat anda bertugas.
3.
Permasalahan
Deskripsikan permasalahan dan kendala yang anda hadapi dalam: a.  pertemuan tersebut;
b. implementasi dalam tugas anda sebagai kepala sekolah.
4.
Solusi permasalahan
Deskripsikan solusi dalam mengatasi permasalahan dan kendala yang anda hadapi.

Petunjuk Pengisian Format Jurnal Belajar untuk Kegiatan On Service
No
Pertemuan Program BERMUTU
Keterangan/Diskripsi

Pertemuan: I – (………………..)
Topik        :
1.
Pengalaman berharga
Deskripsikan pengalaman berharga yang anda peroleh dari kegiatan tersebut.
2.
Rencana implementasi
Deskripsikan rencana anda untuk mengimplementasikan pengalaman berharga dari kegiatan tersebut di sekolah tempat anda bertugas.
3.
Permasalahan
Deskripsikan permasalahan dan kendala yang anda hadapi dalam: a.  pertemuan tersebut;
b. implementasi dalam tugas anda sebagai kepala sekolah.
4.
Solusi permasalahan
Deskripsikan solusi dalam mengatasi permasalahan dan kendala yang anda hadapi dalam pertemuan dan implementasi.
Keterangan: Format ini digunakan untuk setiap pertemuan (Pertemuan I – XVI)

Tagihan 4
ANALISIS BUTIR SOAL & BANK SOAL
(TAGIHAN WAJIB INDIVIDUAL)
PENJELASAN
1.     Analisis Butir Soal dan Bank Soal merupakan tugas individual wajib bagi kepala sekolah anggota kelompok kerja. Kepala sekolah menganalisis butir soal dan bank soal yang telah dibuat oleh tiga orang guru dari jenjang, kelas dan mapel yang berbeda di sekolahnya dengan ketentuan:
-            Dua orang guru dari KKG/MGMP penerima DBL;
-            Satu orang guru dari KKG/MGMP yang tidak menerima DBL.

2.     Analisis Butir Soal dan Bank Soal yang harus dilakukan dengan mempertimbangkan pengembangan kepentingan sekolah dalam penggunaan Bank Soal. Misalnya ada sekolah yang memiliki target agar lulusannya dapat diterima di sekolah-sekolah unggulan maka kepala sekolah bersama dengan guru menganalisis soal-soal dari bank soal yang dihasilkan di KKG/MGMP untuk digunakan sebagai alat ukur. Tentu saja hal ini akan berbeda dengan sekolah lain yang memiliki target yang berbeda.





Tagihan 5
TELAAH KTI GURU
 (TAGIHAN PILIHAN KELOMPOK)

PENJELASAN
1.     Telaah KTI Guru merupakan tugas pilihan kelompok bagi kepala sekolah anggota kelompok kerja. Kepala sekolah menelaah KTI Guru yang telah dibuat oleh tiga orang guru dari jenjang, kelas dan mapel yang berbeda di sekolahnya dengan ketentuan:
-            Dua orang guru dari KKG/MGMP penerima DBL;
-            Satu orang guru dari KKG/MGMP yang tidak menerima DBL.
2.     Telaah KTI Guru yang harus dilaporkan adalah:
a.      Untuk Guru Kelas, KTI Guru dari 3 (tiga) tingkat yang berbeda.
b.     Untuk Guru Bidang Studi:
1)     Tiga kelas yang berbeda;
2)     Tiga mata pelajaran yang berbeda.

Tagihan 6
PENYUSUNAN PROGRAM ON-SERVICE (PKB/CPD) SEKOLAH
 (TAGIHAN WAJIB INDIVIDU)
PENJELASAN

1.     Penyusunan Program on-service (PKB/CPD) merupakan tugas wajib individu bagi kepala sekolah anggota kelompok kerja. Kepala sekolah menyusun Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di sekolah tempat bertugas berdasarkan hasil analisis penilaian kinerja guru (PK Guru);

2.     Perencanaan PKB dilakukan dengan menggunakan format berikut:



Format : Rencana Final Kegiatan PKB tingkat sekolah

Nama Sekolah:
Nomor Standar Sekolah:
Kecamatan      :
Kabupaten/Kota:
Provinsi:
Tahun Ajaran  :
Tanggal:
Nama guru
Nama Koordinator
PKB
(1)
Rencana kegiatan PKB
(2)
Kebutuhan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasi
kan oleh Dinas Pddk untuk dipertim-bangkan)
(1.a)
dilakukan oleh guru sendiri

(1.b)
dilakukan dengan guru lain di sekolah yang sama
(1.c)
dilakukan oleh sekolah
(1.d)
dilakukan di KKG/MGMP
(1.e)
dilakukan oleh pihak di luar sekolah/KKG/MGMP
(1.e.1) Kegiatan
(1.e.2)
Pelaksana
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
1






















2






















3






















4






















5






















6






















7






















8






















9






















Nama dan tanda tangan Kep Sek



Nama dan tanda tangan Ketua Komite Sekolah

Nama dan tanda tangan Koordinator PKB tingkat sekolah


























Catatan:
Kolom 1.a ; 1.b; 1.c; 1.d; 1.e.1 dan 1.e.2 diisi dengan tanda check (√), sedangkan kolom 1.e.2 diisi dengan angka 1 = LPMP; 2=P4TK; 3=Asosiasi Profesi; 4=LPTK; dan 5= Service Provider lainnya



Tagihan 7
PEMETAAN KOMPETENSI GURU
 (TAGIHAN WAJIB KELOMPOK)
PENJELASAN
1.     Pemetaan Kompetensi Guru merupakan tugas wajib kelompok bagi kepala sekolah anggota kelompok kerja. Setiap kepala sekolah anggota kelompok kerja menyusun Peta Kompetensi Guru di sekolah tempat bertugas berdasarkan hasil analisis penilaian kinerja guru (PK Guru);
2.     Pemetaan Kompetensi Guru disusun berdasarkan Peta Kompetensi Individu Guru per sekolah sehingga diperoleh peta kompetensi guru secara kumulatif.
3.     Pemetaan Kompetensi Guru dilakukan dengan menggunakan format-format berikut:

FORMAT HASIL PENILAIAN KINERJA GURU
Nama Guru              :    ………………………………………………………………………………
Nama Sekolah          :    ………………………………………………………………………………
Nama Kelompok       :    ………………………………………………………………………………
Tanggal Penilaian     :    ………………………………………………………………………………

No
Kompetensi Guru
Nilai Kompetensi (Skala 1 -  4)
Keterangan
1
Menguasai Karakteristik peserta didik


2
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik


3
Pengembangan kurikulum


4
Kegiatan pembelajaran yang mendidik


5
Pengembangan potensi peserta didik


6
Komunikasi dengan peserta didik


7
Penilaian dan evaluasi


8
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional


9
Menunjukkan pribadi  yang dewasa dan teladan


10
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru


11
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif


12
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik dan masyarakat


13
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu


14
Meningkatkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif


…………………………., ..................... 20 …
Kepala Sekolah,

…………………………………………….
NIP …………………………………….


REKAPITULASI PETA KOMPETENSI GURU
Nama  Sekolah        :   ……………………………………………………
Kabupaten / Kota     :   ……………………………………………………
No
Nama Guru
Kelompok Kerja
NILAI PER KOMPETENSI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
Total








































































































































































































































































































































































Rata-Rata


















REKAPITULASI PETA KOMPETENSI GURU
Nama Kelompok Kerja  :   ………………………………………………………….
Kabupaten / Kota        :   Wonosobo

No
Nama Sekolah
Nama Guru
NILAI PER KOMPETENSI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
Total








































































































































































































































































































































































Rata - Rata


















Tagihan 8
KARYA TULIS ILMIAH
(TAGIHAN PILIHAN INDIVIDUAL)
PENJELASAN

A.     PILIHAN KTI
1.      Karya Tulis Ilmiah merupakan tugas pilihan individual, oleh sebab itu  peserta tidak harus membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan atau Kajian Kritis, kecuali bagi mereka yang membutuhkan untuk kenaikan pangkat.
2.      Bagi yang tidak membutuhkan PTK  dapat memilih salah satu dari KTI berikut ini:
a.     Makalah
b.     Artikel
c.      Kajian Kritis
d.     Laporan Best Practices
e.     Hasil Terjemahan Bahan AjarDll
f.      Penulisan Buku
g.     Diktat
h.     Job Sheet
i.       Handout
B.     FORMAT
1.      Peserta dapat menggunakan format yang selama ini telah ada. 
2.      Khusus untuk Kajian Kritis format terlampir dapat digunakan.
FORMAT LAPORAN KAJIAN KRITIS
C.     BAHAN KAJIAN KRITIS (Pilih salah satu dari materi berikut ini)
§   Materi Yang diajarkan
 / Bahan Ajar           :   ...................................................................................
§   Metoda Pembelajaran   :    ..................................................................................
§   Kurikulum / Silabus   :   .......................................................................................
§   Media Pembelajaran :   .......................................................................................
§   Rujukan                  :   .......................................................................................
§   PTK                       :   .......................................................................................
§   Lain-lain (tuliskan)    :   .......................................................................................
.......................................................................................
A.     MATERI KAJIAN
Judul                           :   .......................................................................................
Sumber                        :   .......................................................................................
Jenjang                        :   (Lokal, Nasional, Internasional)
Penulis/Pembuat            :   .......................................................................................
TahunTerbit/Pembuatan  :   .......................................................................................

B.     ASPEK YANG DIKAJI SECARA KRITIS (boleh lebih dari satu):
           Keterbacaan (Sistematika, bahasa)
           Relevansi dengan pendidikan (tuliskan: ............................................ )
           Manfaat bagi siswa
           Manfaat bagi guru
           Tingkat Ilmiah
           Tingkat kesulitan bagi siswa
           Kedalaman pembahasan
           Keluasan cakupan
           Ilustrasi dan tata letak

C.     HASIL KAJIAN
1.      Ringkasan Tentang Materi Kajian
(Jelaskan dengan ringkas deskripsi dari materi yang anda kaji)
……………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………….
2.      Kritik
a.     Kelemahan
(Sajikan hal-hal negatif atau kekurangan dari materi yang dikaji untuk aspek yang dikaji yang anda tetapkan pada butir C)
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
b.     Keunggulan
(Sajikan hal-hal positif atau keunggulan dari materi yang dikaji untuk aspek yang
dikaji yang anda tetapkan pada butir C)
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
3.      Kesimpulan
(Tuliskan pendapat anda tentang manfaat materi yang dikaji terhadap perbaikan pembelajaran di kelas atau manajemen sekolah)
……………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………….
4.      Saran
a.     Perbaikan terhadap kekuranganya:
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
b.     Pemanfaatan keungggulannya dalam pembelajaran di  kelas atau manajemen sekolah:
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………





Tagihan 9
SUPERVISI KLINIS
(TAGIHAN WAJIB INDIVIDUAL)
PENJELASAN
1.     Supervisi Klinis merupakan tugas wajib individual kepala sekolah. Supervisi klinis dilakukan sebagai bagian dari tugas pokok dan rutin para kepala sekolah yang harus dilakukan dengan atau tanpa adanya dukungan dari Program BERMUTU;
2.     Supervisi ini mencakup layanan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru dalam upaya perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran dengan cara mendatangi kelompok-kelompok kerja guru dimana gurunya menjadi anggota.
3.     Dalam konteks Program BERMUTU, supervisi klinis ini bertujuan untuk memantau dan membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan di kelompok kerja terutama yang berkaitan dengan 8 (delapan) area (tagihan) yang harus diselesaikan;
4.     Supervisi Klinis dilakukan sebanyak 3 kali untuk masing-masing kelompok binaan yaitu:
a.      Supervisi pertama pada saat kegiatan in-service kelompok binaan;
b.     Supervisi kedua pada saat pertemuan ke – 6 /7 kegiatan on-service untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi;
c.      Supervisi Klinis ketiga dilaksanakan pada saat pertemuan on-service ke – 15/16 pada saat KKG menyusun laporan kegiatan.
5.     Laporan supervisi klinis menggunakan format di bawah ini:

Format Laporan Supervisi Klinis
No
Kegiatan Supervisi Klinis
Keterangan/Deskripsi

Supervisi                   : ……………………………………………………………..

KKG / MGMP Sasaran  : ……………………………………………………………..
1.
Materi Supervisi









2.
Permasalahan









3.
Solusi Permasalahan

















Petunjuk Pengisian Laporan Supervisi Klinis
No
Pertemuan Program BERMUTU
Keterangan / Deskripsi

Supervisi                : (Diisi dengan kunjungan I, II atau III)
KKG/MGMP Sasaran  : (nama Pokja yang dikunjungi)
1.
Materi Supervisi
Deskripsikan materi supervisi yang anda berikan pada kegiatan tersebut.
2.
Permasalahan
Deskripsikan permasalahan dan kendala yang anda temukan.
3.
Solusi permasalahan
Deskripsikan solusi dalam mengatasi permasalahan dan kendala yang anda hadapi dalam supervisi tersebut.

Wadaslintang, 7  Maret  2012
Pemnadu,

 

Purdiyanto



Pilih salah satu dan coret yang tidak perlu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar